Thursday, October 23, 2008

Mengenal tangga nada pentatonik/pentatonis (pentatonic scale)

Bila ada mendengarkan lagu yang berjudul "My Girl" dari the Temptations atau intro lagunya BIP yang berjudul "1001 Puisi"(bar/birama pertama) misalnya, maka anda sedang mendengarkan tangga nada pentatonik.
Pentatonik berasal dari kata penta(5) dan tonic(nada). Pentatonic dibentuk dengan mengurangkan nada ke 4 dan ke 7 dari struktur oktaf 8 nada. Bila kita ambil C sebagai nada dasarnya, maka notnya akan menjadi C,D,E,G,A

Pentatonik banyak digunakan untuk musik modern maupun tradisional di berbagai negara di dunia ini. Dari Indonesia, tanah air kita sendiri: gamelan jawa misalnya, mempunyai tangga nada pentatonik, misalnya laras(tangga nada) slendro, polanya: 12356 disebut dengan ji, ro, lu, mo, nem berulang tiap lima nada, naik atau turun.
Seperti pada tangga nada diatonis, pentatonis diklasifikasi dengan mayor dan minor juga. Akan kita bahas pada tulisan-tulisan saya selanjutnya, banyak sekali bahasan tentang itu besok.

Berikut ini satu contoh video saya menggunakan tangga nada pentatonik minor, yang saya mainkan dengan bottleneck slide. Sekilas mirip-mirip bluesnya Robert Johnson :)
 

21 comments:

  1. saya pake pod x3 live..
    baru2 ni layarnya tu timbul garis dari dalam,,
    berpengarug gak??
    trus apa bisa dibetulkan???
    apa karena tegangan listrik yang gak stabil???

    ReplyDelete
  2. mas anonim, pertanyaannya agak beda topik... ya,itu seharusnya ditanyakan di tulisan seputar efek saya aja, karena malah muncul di tulisan tentang tangga nada pentatonik he he he, tp ga pa2, enjoy aja. Tentang pod x3 anda, yang mana? live ya? line 6?, weh... keren. layarnya timbul garis dari dalam? deskripsinya kurang jelas, apakah timbulnya berpengaruh pada kinerjanya ga? anda sendiri yg merasakan, awalnya kenapa dulu, kok sampai muncul kayak gitu, bisa jadi dari cara nyeting dsb. Saran saya: coba direset ke factory default dulu, setingan awal reset, masih muncul garisnya ga... tentang bisa / engganya dibetulkan tergantung kerusakannya dan komponennya seperti prosesor dst, masih ada/engga. tentang listrik, anda sendiri yg tau listrik ditempat anda, apakah sering naik turun... yg jelas kalo tegangan ga stabil bisa jadi mengganggu kinerja alat, jadi, lihat user manualnya dulu, sesuaikan dengan kebutuhan catu dayanya.

    ReplyDelete
  3. aku suka bgt mainin pentatonic scale... unik bgt

    ReplyDelete
  4. mas.. dimana sy bisa cr teknik2 bermain guitar tapi dari dasar,misal-y tangga nada pentatonic,arpegio,a minor dll(di internet sih susah nyari-y yg ada tab-tab nya ntu). klo mau cari di gramedia buku-y susah amat ketemu.ada solusi g mas,ato mas bisa bri ulasan ttng tangga2 nada lebih lengkap. thx ya mas,di tunggu jwban-y.

    ReplyDelete
  5. Thx mas alfa, salah satu alasan kenapa saya membuat blog ini adalah karena saya pun pernah mengalami hal seperti itu, mau cari buku susah, mo nanya ke siapa?, kursus mahal dst. Insyallah, perlahan-lahan ke depan di blog saya ini akan kita ulas bersama, mulai dari dasar sampe expert, setidaknya expert menurut saya, karena kemampuan saya juga terbatas, dan sekalian saya juga mengajak teman-teman lain untuk berpartisipasi menulis lebih banyak di internet, sehingga bisa berguna bagi kita semua.
    Tentang buku-buku, saya terpikir untuk menulis buku juga tentang teori-teori gitar yang lebih komprehensif lagi, karena di pasaran sekarang susah didapat, saya kurang tahu sebabnya karena memang banyak musisi yang kurang suka menulis atau apa, tunggu buku saya mas, ini lagi mulai saya tulis tentang teknik gitar, termasuk di dalamnya tentang tangga nada(scale) juga, semoga cepat selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

    ReplyDelete
  6. mas, nanya dong.. kalau utk jembatan chord itu rumusnya apa ya? soalnya kalau baca di buku bisa pake chord aneh2 misalnya C11, C9, CM9-11, dsb. chord2 itu cara penggunaannya kapan ya? thx (Ferdy Haspito) :D

    ReplyDelete
  7. Hal-hal seperti itu termasuk dalam teori pembentukan chord mas Ferdy, istilahnya chordal techniques/chord building, misalnya untuk membentuk chord mayor kita bisa memakai formula: root, 3rd, 5th, sehingga kalo kita akan membentuk chord C mayor misalnya: root-nya adalah C, 3rd-nya adalah nada ketiga C scale yaitu E, dan 5th-nya adalah G. Untuk penggunaannya terserah kita sendiri, karena yang akan memainkan musik kan kita juga kan? he he he. Tapi beberapa aliran musik seperti blues, jazz, rock dst, ada beberapa ciri khusus pada chord-chordnya dalam artian banyak dipakai pada jenis musik itu, seperti diminished 7, sustain, dst. Di blog ini akan saya bahas lebih lengkap pada tulisan-tulisan mendatang, tentang teori pembentukan chord, ikuti saja.

    ReplyDelete
  8. mau rumus chord gampang kog
    dasar chord major kan 135(do mi sol)
    cth klo nada dasar C brarti C,E,G sekarang kalo C7 itu gmna tgl tambahin 7 deh tapi 7nya turun setengah jadi 1357b (do mi sol le) kalo C9 brarti C7+2 jadi C9 brarti kurang nada re(2) jadi rumusnya 1357b2( do mi sol le re) kalo C11 brarti C7+4 kurang nada fa(4) jadi 1357b4 tinggal cari deh begitu seterusnya

    ReplyDelete
  9. MAs,mo nanya nih,cara menentukan melodi dan pantonic dari sebuah lagu gimana ya ?. Misalnya lagu itu nada dasarnya C. Thank ya...

    ReplyDelete
  10. bisa buatin tab bass bondan rock on the beat gak mas???

    ReplyDelete
  11. penjelasanya bener gk tu yg paling atas ?? coz ad tugas ni ! >_<

    ReplyDelete
  12. mas saya pngen bgt bsa gtar tangga nada pentatonik, soalnya saya pngen maen d band aliran deathcore... susah gag?
    kra2 brapa lma bsany??
    thanks.

    ReplyDelete
  13. THnk'S yach......... akhirnya aku dpt jg. ych setdkX aKu bs memnuhi tgs SENI......

    ReplyDelete
  14. pentatonic A minor

    |------------------------------|-5--8----

    |-------------------------5--8-|---------

    |-------------------5--7-------|---------

    |-------------5--7-------------|---------

    |--------5--7------------------|---------

    |----5-8-----------------------|---------

    ReplyDelete
  15. prmisi mas... saya ada tugas dari guru Seni Suara, untuk mencari perbedaan pentatonis dan diatonis.. trimss

    ReplyDelete
  16. gimana mas caranya melatih improvisasi bass ????

    ReplyDelete
  17. cara efektif biar bisa ngeblus gmana mas?

    ReplyDelete
  18. bear grylls messer
    Here is my web blog ; bear grylls messer

    ReplyDelete
  19. Spot on with this write-up, I honestly believe this website needs much more
    attention. I'll probably be back again to read through more, thanks for the information!
    Also see my web site > schweiz seo

    ReplyDelete
  20. Hopefully these tips and tricks from a "seasoned" Tetris player like me will serve to
    help your game. Now, here comes the important part
    about clearing lines; don't do it one a time. While playing these games you need to solve the mystery of the story. Polyominoes have been used since 1907 in popular puzzles. While it is certainly true that you can have a lot of fun playing Tetris, very few people realize that you can actually enhance the functionality of your mind by playing this particular game.

    My page - Free Tetris

    ReplyDelete