Friday, October 10, 2008

Senar putus di panggung -- on stage tips 1

Ketika senar putus di panggung adalah salah satu tragedi di panggung, bagaimana cara kita mensikapinya?, bagi anda yang punya tremolo bridge/whammy bar down saja, mungkin masih bisa cepat ganti senar(kalo bawa), tapi bagi yang punya whammy bar up-down(floating whammy bar) tentu bisa jadi masalah tersendiri, karena proses mengganti senarnya bisa lama, apalagi kalo kita cuman gitaris tingkat RT, atau gitaris 17 agustusan, seperti saya, he he he(karena tidak punya teknisi khusus untuk itu). Berikut ini beberapa tips untuk itu
1. Jangan panik: kepanikan tidak akan membuat otak kita berpikir sempurna, tegang biasa, tapi nyante broer.. berpikir cepat dan tepat aja. Jangan takut untuk mengulang lagu / permainan anda, bila mengalaminya.
2. Sediakan senar cadangan, minimal satu set lengkap, kalo anda pengen ngirit ya, sediakan cadangan bagi senar-senar yang mudah putus, seperti senar no 1-3.
3. bagi anda yang mempunyai whammy bar up down, sediakan juga peralatan untuk mengganti senar gitar. Misalnya Allen Wrenches(Kunci L --> istilah mudahnya) untuk mengencangkan dan mengendorkan sekrup nut dan bridge, kalo ini mutlak perlu, karena akan susah kalo tidak ada, paling tidak nanti anda akan butuh obeng atau tang untuk sekedar mengganti senar, apalagi kalo di panggung ga ada, tentu permainan anda tidak maksimal karena senar putus dan tidak bisa terganti.
4. bagi yang punya gitar lebih dari satu, bisa juga dibawa, he he he... tapi ini opsional saja lho... itu saja bagi yang punya.

1 comment: