Tuesday, December 2, 2008

Tentang buku-buku lagu yang banyak beredar di pasaran

Bagi teman-teman pemula bermain gitar. Saat ini di pasaran (meski dari dulu juga sudah ada) banyak beredar tentang buku lagu yang didalamnya ada syair+chord lagu, bisa didapat dengan harga yang tidak terlalu mahal. Bila ada yang bertanya "apakah buku-buku itu bisa jadi sarana belajar gitar saya?"
Bila kita ingin instan mencari chord lagu bisa saja. Tapi setelah anda dapat chord lagunya, kadang bingung mengambil suaranya(baca:mencari nada dasar-nya) sehingga kalo bernyanyi menjadi fals, he he he. Muncul pertanyaan lagi: "terus gimana dong supaya suaranya pas?", pertanyaan ini ga akan saya jawab dulu saat ini(di tulisan terpisah saja) karena akan sangat panjang jawabnya, menyangkut tentang teori vokal terutama tentang tangga nada(scale/skala) juga.
Kita bicara tentang buku-buku chord dulu, kalo anda ingin serius belajar gitar, buku-buku chord itu hanya akan menolong di awal-awal saja, tapi lama-lama anda manja dan bergantung pada buku-buku itu saja, sehingga kalo mencari chord sendiri akan susah. Hal yang perlu diketahui juga, kadang buku-buku itu juga ga pas menulis chord gitarnya, misalnya: lagu aslinya pake chord A7 D E, tapi ditulis dengan G C D, dst. atau lebih parah lagi malah salah chord-nya, sehingga malah akan semakin membingungkan.
Jadi sebaiknya menurut saya, jika anda ingin serius mendalami gitar, ya jangan biasakan diri bergantung pada buku-buku chord lagu itu, berusahalah sendiri mencari chord lagunya, kalo masih susah coba cari teman yang lebih bisa bermain gitar dan mintalah untuk mengajari, atau anda bisa belajar membaca tablature dulu lalu cari tablature untuk lagu itu(tablature lebih detil, dan merupakan salah satu standar penulisan not yang baik), yah mungkin susah pada awalnya but "no pain no gain kan?" he he he

2 comments:

  1. bener...setuju tuh.

    malah kalo kita ngebiasain nyari chord dari buku2 yg begituan, kita jadi males ngulik....n kita adi ga mandiri....

    enakan nguLik sndiri lah....sambil ngalatih feeling

    ReplyDelete
  2. setuju, krn klo ngulik sendiri
    mesti pake feeling yg kuat serta penguasaan nada yg baik

    ReplyDelete