Wednesday, November 28, 2007

Tips memilih dan membeli gitar


Oke, kalo kamu memilih gitar perhatikan hal-hal berikut ini, aku tidak menyarankan merk tertentu (dikira iklan dunk, he he he)
  1. Gitar elektrik/listrik:
warna: tinggal pilih aja sesuai selera kamu, yang jelas catnya harus bagus, tidak mudah mengelupas atau kena gores
bentuk: tinggal pilih, standar, sirip, atau bentuk lain, cocokkan dengan seleramu
fret: jumlah fret disesuaikan saja, bisa 21,24 atau ditambah lagi seperti punya brian may, he he he. Tinggal nada tertinggi yang ingin dijangkau saja. Cobalah nada tiap fret dengan memetik gitar, jangan sampai keliru, biasanya ada gitar yang jelek, sehingga ada 2 fret menghasilkan satu nada, atau nadanya sumbang(fals)
senar: untuk gitar elektrik senarnya adalah steel string, bukan dari nylon. Pilih yang kuat, tidak mudah putus, lentur kalo bisa jangan sampai bikin jari sakit, atau mudah lepas selubung senarnya(biasanya pada senar E besar/senar no 6 dan senar A/senar no 5)
bahan: pilih kayu mahoni, jati(teak), yang cukup kuat, biasanya yang berat adalah yang baik, tapi kalo terlalu berat juga ga asyik juga kalo naik panggung.
neck: pilih gitar yang neck-nya kuat dan lurus agar tidak mudah patah atau bengkok. Biasanya didalam neck gitar ada plat logam untuk kekuatan necknya.
pickups: gunakan pickup yang suaranya keras,jernih, tidak mudah pecah ketika digeber dalam volume maksimal , pengaturan volume dan tone-nya bagus, tidak mudah kemresek(kemresek jika diinginkan saja) sehingga merusak nada.
pemutar senar(tuning machines) dan headstock: untuk pemutar senar gunakan yang tahan karat. Head bisa menghadap ke atas atau kebawah dan juga bisa sama-sama(3 senar menghadap atas, 3 senar menghadap bawah, tinggal bentuknya). Perhatikan posisi senarnya pada head: carilah posisi untuk senar E tinggi(senar no 1) apakah yang terjauh atau tidak diukur dari bridgenya, carilah yang terdekat saja karena senar E tinggi mudah putus (he he he tapi biasanya headnya menghadap ke atas)
saklar: pilih yang didepan saja, enak ngaturnya. Biasanya kadang pentolan saklarnya ada yang gampang lepas, cari yang kuat. Perpindahan suara, hidup mati(on-off) yang diatur lewat saklarnya juga jelas.
jack: untuk jack kabel ke ampli lebih asyik kalo di pinggir saja daripada didepan, karena kalo didepan menghalangi tangan untuk bebas bergerak mengatur handle bridge
  1. Gitar akustik
warna: tinggal pilih aja sesuai selera kamu, yang jelas catnya harus bagus, tidak mudah mengelupas atau kena gores
bentuk: cocokkan dengan seleramu
fret: biasanya 18 untuk yang nylon, atau bisa lebih untuk yang steel guitar. Cobalah nada tiap fret dengan memetik gitar, jangan sampai keliru, biasanya ada gitar yang jelek, sehingga ada 2 fret menghasilkan satu nada, atau nadanya sumbang(fals)
senar: bisa nylon atau steel. pilih yang lentur, untuk nylon biasanya lebih awet daripada yang steel, lentur.
bahan: pilih yang kuat, kalo gitar akustik biasanya terbuat dari kayu lapis untuk body pilih yang tebal, dan daya akustiknya bagus, sehingga suara/nada yang dihasilkan bisa maksimal jernih
neck: hampir sama dengan gitar elektrik, pilih gitar yang neck-nya kuat dan lurus agar tidak mudah patah atau bengkok. Kalo yang bagus untuk gitar akustik beberapa pabrik biasanya menambahkan plat logam juga, tapi jarang.
pickups: bersifat opsional untuk gitar akustik, boleh ditambahkan, kalo mau ditambahkan, carilah seperti untuk yang guitar elektrik.
pemutar senar dan head(headstock): untuk pemutar senar gunakan yang tahan karat. Head bisa menghadap ke atas atau kebawah dan juga bisa sama-sama(3 senar menghadap atas, 3 senar menghadap bawah, tinggal bentuknya).
Sementara cukup itu dulu tips-nya semoga bermanfaat, nanti kalo kurang, bisa kontak aku, he he he. Untuk mengenali bagian-bagian gitar secara lebih detil, baca tulisan saya di http://budisapt.blogspot.com/2008/11/mengenal-bagian-bagian-gitar.html
Jika anda tertarik pada proses pembuatan gitar akustik bisa dilihat di
http://budisapt.blogspot.com/2013/08/proses-pembuatan-gitar-akustik.html
sedangkan untuk proses pembuatan gitar elektrik bisa dilihat di

http://budisapt.blogspot.com/2013/08/bagaimana-sebuah-gitar-elektrik-dibuat.html


Pictures taken from:
Blues Guitar For Dummies®
Published by
Wiley Publishing, Inc.
111 River St.
Hoboken, NJ 07030-5774
www.wiley.com
Copyright © 2007 by Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana

11 comments:

  1. nak milih cewex sik bodyne kaya gitar piye mas......
    dudu koyo bass bethot loh...

    ReplyDelete
  2. mas biasanya body akustik pake kayu lapis...
    yg sy tanya ada gk yg pake kayu?

    ReplyDelete
  3. mass..
    saya masih belum ngerti bwt nyari gitar akustik..
    n kira2 bwt nyari gitar akusti yang bagus merk'y apa..?

    ReplyDelete
  4. Untuk gitar akustik: banyak merk beredar di pasaran seperti Yamaha, Cort dst. Kalo saya, tidak harus merk tertentu, tapi yang sesuai dengan keinginan saya. Memang beberapa merk bagus, tapi sebenarnya merk bukan kriteria utama untuk memilih gitar bagus. Untuk Gitar akustik pun demikian, tinggal kita perlunya untuk apa: misalnya belajar, ngamen, show, atau profesional. Kalo untuk belajar, bisa dipakai classic guitar/accoustic guitar dengan senar nylon misalnya; karena dengan senar nylon lebih awet, tidak mudah putus, jari harus lebih kuat menekan untuk melatih kekuatan jari-jari kita, sehingga bila diterapkan ke steel strings pada gitar elektrik/akustik akan lebih kuat dan peka.
    Faktor lain misalnya harga: sesuaikan dengan kemampuan masing-masing, karena beda-beda, kita mungkin pengen gitar seperti punya Yngwie Malmsteen misalnya, tapi ga punya biaya untuk beli, atau malah barang yang sama persis tidak ada di pasaran, nah ini mesti jadi hal yang sulit bukan?, jadi kalo berminat membeli gitar mending kita ukur dari kriteria-kriteria yang sudah saya sebutkan di blog saya itu.
    Thx...

    ReplyDelete
  5. om, Q tu mau nyari yang merek2 gibson. yang bagus produksi mana ya? trus kisaran harganya brapa?

    ReplyDelete
  6. om mau tanya neh.. kok senar pertama gitar gue di fret ke 5 n 6 kl di petik kok suaranya pecah gitu yah... napa yah om ato krn gara2 gue sering pake kapo di fret ke 4 yah..thanks yah

    ReplyDelete
  7. bagaimana cara membuat gitar sendiri bahan kayu yg baik dari kayu apa untuk gitar akustik, untuk gitar listrik kayu apa yg bagus sy ingin belajar untuk fi pakai sendiri. thank's

    ReplyDelete
  8. Kalo untuk pemula bagusny beli yg type n merk apa nih mas? Dgn harga yang memadai utk "pemula" tentunya..
    Trus mo nny lg, kt org kn kalo pemula bgsan bli klasik krn dr nilon..kalo lgsg bli yg akustik kira2 gmn yah?
    Soalny ak lebi suka gitar akustik..modelny lebi qren drpd klasik..
    Klo klasik kan itu2 aja..warna nya juga warna2 motif kayu doank..
    Sdgkn gitar akustik kan ada yang wrn ny whle black gt..kan lebi qren...
    Harap bantuannya..
    Tenkis.

    ReplyDelete
  9. Thx 4 artikel...i like it...hehehe

    ReplyDelete
  10. mas...,saya punya gitar akustik dan sakit banget di jari pada saat nekan senarnya....kira2 kalau senarnya diganti dengan yang lebih bagus bisa lebih lunak ga??
    thxb4

    ReplyDelete