Wednesday, September 10, 2008

Guitar secrets - Joe Satriani - terjemahan 1

Buat para calon musisi Indonesia, mungkin bahasa juga jadi kendala, sedikit banyak saya coba untuk membantu menerjemahkan :),(sekalian latihan menaikkan skor TOEFL) ini adalah bagian pertama dari buku Guitar Secretsnya Joe Satriani - diterbitkan oleh Cherry Lane Music Company tahun 1993. Langsung isinya saja ya :D

September '87: Smart Fingers
Finger exercises (Latihan penjarian) dalam beberapa hal sangat berguna. Bukan hanya untuk pemanasan, tetapi juga mengenalkan teknik-teknik baru dalam kamus kosa kata anda. Berbagai macam hal penting. Lebih banyak hal yang anda ketahui akan semakin baik. Berikut ini adalah satu latihan yang saya namakan "The Diminished Chord Relay." Yang melibatkan permainan chord -chord diminished berurutan naik turun dlm fretboard.
Pertama, ingat suara chord yang dihasilkan oleh contoh 1. Bunyikan pola #1 sekali, yakinkan suaranya jernih, tanpa ada noise(suara tambahan lain yang dihasilkan oleh senar tidak dipetik,atau suara yang dihasilkan oleh sebab lain - penerjemah) dan tidak ada suara senar terbuka (open string). Kemudian diamkan(mute) senar yang berbunyi dengan tangan pemetik(kanan atau kiri tergantung anda kidal atau tidak, dengan teknik palm mute - tambahan penerjemah). Ketika senarnya diam, beralihlah ke pola #2, bunyikan seperti chord pertama. Berpindahlah ke pola #3, #4, dan kemudian kembali ke pola #3, #2 dan akhirnya pola pertama, selalu menggunakan teknik perpindahan petik-diam yang sama. Setelah paham, ulangi latihan half step(perpindahan setengah nada, atau pindah satu fret dalam gitar-penerjemah) lebih tinggi. Yakinkan untuk tetap menjaga hubungan interval diantara tiap chord dan ingatlah untuk memulai perlahan dan membentuk koordinasi pertama kali. Setiap kali kualitas diutamakan terlebih dahulu daripada kecepatan.
Untuk variasi, cobalah pendekatan yang ditunjukkan pada contoh 2. Urutkan tiap chord dengan muted strings(suara diam senar yang dihasilkan teknik palm mute-penerjemah). Satu pola petikan yang baik dalam situasi seperti itu adalah down-up-up-up(turun-naik-naik-naik).
The Diminished Chord Relay adalah latihan yang baik untuk membentuk "smart fingers," sepanjang itu menantang bagi anda. Jadi ketika menjadi mudah, buatlah sulit. Jika membosankan, buatlah menjadi menyenangkan. Dan jangan lupa mendengarkan suara chord baik-baik. Dengan digunakan secara kreatif, diminished chords dapat melakukan lebih daripada chord-chord lainnya. Bereksperimenlah dan temukan apakah chord diminished itu.














No comments:

Post a Comment