Monday, February 2, 2009

Solo Gitar (Guitar Solo) Jimmy Page - Stairway to Heaven dimainkan budisapt


Bagian solo guitar lagu ini saya pasang di blog ini karena tak pikir banyak contoh teknik yang ada pada solo guitar ini. Diantaranya: contoh tangga nada(scale) Am pentatonic, string bending, unison bending, chord progressions(F-G-Am), flat 6, dominant dst. Bagian solo guitar lagunya Led Zeppelin ini menempati peringkat pertama pada 100 greatest guitar solo all the time(referensi: http://guitar.about.com/library/bl100greatest.htm) menurut majalah Guitar World. Banyak dipelajari sebagai contoh pelajaran gitar di seluruh dunia. Ada beberapa versi pada solo guitar ini, karena Jimmy Page sendiri memainkannya dalam beberapa versi, yang saya mainkan disini adalah yang versi recorded resmi, bukan yang versi live.
Soal kualitas gambar yang pas-pasan harap dimaklumi karena memang webcam saya yang kurang representatif. Tapi dengan peralatan seadanya sudah cukup saya banggakan, karena hasilnya menurut saya sudah lumayan bagus. Saya masukkan backing track band yang lengkap, sehingga ada panduan ketukan drum dan iringan band yang cukup, tidak terkesan “sepi”(cuman gitar doank)
Adapun review secara teknis permainan(menurut saya sendiri): masih ada bagian sekitar 2 triplets(triplet: rangkaian 3 not) yang terlewat saya mainkan(meski hanya perulangan sehingga ga begitu terdengar mencolok), dan juga pada bagian unison bend di akhir lagu(outro riff) karena kemarin saya kurang cepat memainkannya. Tapi karena keburu kepengen di upload di blog, ya sudah tak biarkan saja, he he he.Lagian, Jimmy Page paling juga maklum, he he he.
Silakan di lihat dan direview, bagi teman-teman penikmat musik yang ga bisa nggitar ya dilihat dan didengar saja, nikmati musiknya.

5 comments:

  1. hajuwh ketemu juga neyh di blognya c abang budi
    hehehe semangat bang
    postingnya keren2 neyh
    bermanfaat banget buat yang lagi belajar musik
    termasuk saya , , , hehehe
    thanks neyh buat ilmunya , , ,

    ReplyDelete
  2. thx Aby.... semangat tetap menyala...
    semoga blog ini bermafaat bagi semua. bukan hanya bagi yang belajar musik saja, meski artikel-artikelnya kebanyakan berisi gitar dan musik

    ReplyDelete
  3. Solo dari jimmy page di lagu inilah yang membuat gw akhirnya menpelajari gitar dengan serius.. salam kenal mas

    ReplyDelete
  4. tolong dong tangga2 nya keroncong ???

    ReplyDelete
  5. mantep jga seh..tp kurang speed tuh

    ReplyDelete