Thursday, October 25, 2012

Pentatonik Mayor, Minor dan Blues

Nada-nada pentatonik, memang nada-nada indah yang tidak mudah dimainkan. Artikel singkat ini mungkin bisa menjawab "kebingungan" sebagian orang tentang tangga nada pentatonik mayor, minor, blues dan  pentatonik blues.

Pentatonic major scale: interval: 1-1-1 1/2 -1 ex: C-D-E-G-A
Pentatonic minor scale: interval: 1 1/2 -1-1-1 1/2 ex: C-D#-F-G-A#
 
Blues major scale: interval: 1 1/2-1-1/2-1/2-1 ex: C-D#-F-F#-G-A
Blues minor scale: interval: 1 1/2-1-1/2-1/2-1 1/2 ex: C-D#-F-F#-G-A#

Pentatonic blues --> pentatonic+blue note(yg akhirnya disebut blues note): b3, b5, b7
Jadi pentatonik blues adalah pentatonik mayor, minor dengan tambahan blue note.
Pada gitar peta pentatonik bisa dilihat pada gambar dibawah ini:










Keterangan
merah: root(nada dasar)
hitam: pentatonik minor
abu-abu: pentatonik mayor
biru: blue note

Berikut satu contoh video saya menggunakan Em pentatonik yang saya mainkan pakai Bottleneck Slide


  

6 comments:

  1. mas ko blue notenya pake F#, bukannya kalo pake root C harusnya blue notenya ada di D#, mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  2. hehe, ternyata saya kurang cermat, saya kira rootnya di C mayor ternyata diminor toh ^_^"

    ReplyDelete
  3. Υou can even upload yοuг image to make yοur profile enthralling.
    You could even invite people in your apartment buildіng or neighborhoоd or whаtеνer.

    Τhe ѕmile muѕt bе gеnuine, not forced and аlways manifest itself in
    the lοοκ.
    Feel free to surf my blog read here

    ReplyDelete
  4. @Anonymous: yang digambar itu ada 3 scale mas: pentatonik mayor, pentatonik minor, dan (opsional) pentatonik mayor/minor + blues notes, silahkan dicermati lagi, nada dasarnya di C

    ReplyDelete
  5. saya kurang familiar dgn istilah root mas, makanya saya kira root itu C = do. Tapi ternyata C = la atau D# = do

    ReplyDelete
  6. bear grylls messer
    My web site :: bear grylls messer

    ReplyDelete