Wednesday, August 21, 2013

Tips memilih dan membeli amplifier gitar

Amplifier gitar termasuk komponen utama pembentuk karakter sound gitar. Beberapa pemain gitar legendaris bahkan menorehkan namanya pada amplifier gitar pabrikan tertentu. Sebenarnya pertimbangan apa saja ketika kita berkeputusan untuk membeli sebuah amplifier gitar?

A. Dari sisi kategori
Ada dua kategori utama amplifier gitar: combo dan head/cabinet. 
1. Combo: rangkaian elektronik dan speakernya jadi satu. Umumnya berbentuk lebih kecil
2. Head/Cabinet: ampli dan speakernya terpisah, untuk meringankan beban akibat beratnya body. Dipakai untuk tugas-tugas yang lebih berat dengan sumber sinyal yang lebih kompleks

B. Harga
Amplifier combo berharga lebih murah karena memang lebih praktis, cocok untuk penggunaan dalam kamar, rumah, studio kecil, terutama untuk ruang. Untuk Head/Cabinet cenderung lebih mahal untuk penggunaan di lapangan, ruang yang lebih lebar atau untuk tata suara yang lebih kompleks.

C. Komponen
Kalau menurut komponen, kategori amplifier dibagi menjadi:
1. Tube: memakai tabung hampa, karakter suaranya digambarkan sebagai lebih "tebal", "gemuk,"  "kaya", distorsinya lebih lembut, powernya lebih kuat
2. Solid state: memakai transistor, karakter suaranya "terang","jernih", "akurat" fleksibel
Harap diingat bahwa ampli tabung tidak selalu lebih baik daripada solid state

D. Penggunaan
1. Ampli Combo:

  • Micro Amps: 1 hingga 10 watt, bentuk kecil mudah dibawa kemana saja untuk praktek
  • Practice Amps: 10 sampai 30 watt. Cocok untuk kamar tidur / ruang, Bisa digunakan untuk pertunjukan kecil, jika mikrofon yang digunakan melalui sistem PA di tempat itu. Ampli ini berkisar 20 sampai 30 watt dengan speaker 10 inci.
  • Full-size 1x12 combo: Dengan 50 atau lebih watt dan setidaknya satu speaker 12 inci cocok untuk pertunjukan kecil tanpa menggunakan mikrofon. Untuk model yang lebih high-end, seperti yang dihasilkan oleh Mesa Engineering, kualitas suaranya benar-benar profesional.
  • Combo 2x12 mirip dengan combo 1x12, tetapi ditambah speaker kedua berukuran 12 inci. Desain 2x12 jauh lebih berat dari 1x12, tapi masih jadi pilihan favorit musisi untuk bekerja di pertunjukan kecil hingga menengah, misalnya Roland Jazz Chorus, yang dilengkapi dengan suara stereo, jernih dan efek built-in. 

2. Ampli head/cabinet:

Amplifier head kecil dayanya 18-50 watt, menengah umumnya 100 watt atau lebih, Ada juga yang bisa bikin kuping berdenging dengan ukuran 200-400 watt :). Ini pilihan untuk yang menginginkan karakter yang kuat dan keras juga profesional.

        Ada juga kategori vintage amps dan high gain amps, vintage amps amplifier untuk sound-sound rock, jazz, blues klasik sedangkan high gains amps menghasilkan suara dengan distorsi yang lebih besar.
Selamat memilih amplifier yang sesuai untuk anda! :)

4 comments:

  1. Aplifier gitar rata-rata sudah dilengkapi speaker, dan didesain untuk indor, kalau outdoor ya harus pakai TOA

    ReplyDelete
  2. Kalau pesan disini berapa ya ?

    ReplyDelete
  3. terima kasih sudah berbagi artikel yang bermanfaat
    kami sedang mencari artikel tentang TOA.

    ReplyDelete
  4. Semoga web ini terus memberi manfaat bagi pembacanya

    Salam Hangat dari kami MUKENA dan Pembicara Internet Marketing serta Parfum FM

    ReplyDelete