Thursday, October 9, 2008

Memilih dan membeli metronom (metronome)

Untuk melatih tempo dan kecepatan bermain musik bisa memakai alat yang dinamakan metronom. Metronom adalah alat yang berdetak dengan tempo teratur.
Macam-macam metronom:
1. Analog(Mekanis): cara kerjanya mirip dengan jam tangan mekanis, menggunakan batang pendulum
2. Digital(Elektronis): bekerja secara elektronis, termasuk metronom software komputer juga saya golongkan dalam hal ini, menggunakan tenaga baterei, quartz crystal dsb. Alat musik keyboard kadang juga sudah menyertakan metronom juga didalamnya.
Bagaimana cara kita memilih dan membeli metronom?
1. Harga: sesuaikan saja dengan kemampuan kita, setelah saya bandingkan, ternyata harga metronom digital malah lebih murah daripada yang mekanis
2. Kemampuan kerja: untuk metronom mekanis, mungkin lebih ribet kalo pas rusak, setidaknya kita harus ke tukang jam untuk memperbaikinya :). Kalo saya lebih suka yang digital. Pilih metronom digital yang sekaligus juga dengan tuner, jadi bisa dipakai untuk menyetem gitar juga.
3. Untuk metronom digital, pilih yang batereinya bisa di recharge ulang, kalo bisa. Kalau tidak, ya pilih yang paling kuat lama batereinya, biar anda ga berkali-kali beli baterei, he he he.
Untuk menggunakan metronom, mungkin akan saya bahas secara terpisah saja, soalnya kaitannya dengan tempo. Termasuk bagaimana cara kita melatih kecepatan jari kita dalam bermain gitar, mungkin saya bukan sekaliber Yngwie Malmsteen atau Michelangelo Batio yang bisa bermain dalam 160 b.p.m (beat per minute / ketukan per menit) atau lebih dalam kecepatan tangan mereka, he he he. Tapi setidaknya itulah kontribusi saya.

4 comments:

  1. bagus artikelnya mas, cukup membantu saya yang lagi mo beli metronome.

    ReplyDelete
  2. mas, saya mau beli metronom digital nich mas, kira2 merk apa yang bagus dan dimana belinya ( saya di jakarta) . terima kasih tips nya.

    ReplyDelete
  3. haga dari metronome yg digital brapa sih mas.

    ReplyDelete
  4. bear grylls messer
    Also visit my site - bear grylls messer

    ReplyDelete