Wednesday, October 15, 2008

Apakah tablature saja cukup? mengapa not balok menjadi penting

Satu hal tersulit dalam belajar musik adalah belajar tempo. Ini adalah satu hal yang tidak bisa dijelaskan oleh tablature. Tablature hanya menerangkan posisi jari kita, tapi tidak menunjukkan seberapa cepat kita memainkannya. Sementara not balok bisa menerangkan tempo dengan baik. Kebanyakan pemain gitar sering terjebak dalam masalah tempo. Satu alat musik yang bagus untuk mengukur kepekaan tempo adalah drum, saya tidak menganjurkan anda menjadi drummer terlebih dahulu untuk menjadi pemain gitar, tetapi dengan memahami masalah tempo terlebih dahulu akan menjadi lebih mudah untuk belajar gitar.
Sebaiknya gimana kita dalam mempelajari gitar, apakah notnya harus ditulis langsung dengan not balok, tablature-nya kita abaikan?
Ini juga dilematis, not balok tidak bisa menerangkan posisi jari dan bagaimana jari kita memainkan itu, not balok hanya menerangkan not secara umum, tidak peduli dengan alat apa not-not itu dimainkan.
Nah, untuk itu, bagi kita akan lebih mudah jika dinyatakan dengan kedua-duanya, jadi not balok-nya ditulis, tablature-nya ditulis juga. Sehingga akan menjadi jelas, bagaimana cara kita memainkan jari kita(dijelaskan tablature) dan dengan tempo seberapa not-not itu dimainkan(dijelaskan dengan not balok)

1 comment:

  1. a minor not baloknya kaya gimana ya? fred berapa trus jarinya di senar berapa aja? thanks

    ReplyDelete