Thursday, July 1, 2010

Bermusik dari hati atau dari teori???

Ada orang mengatakan: "bermusiklah dari hati", sementara ada yg berbasis teori dengan segudang teori tentang scales misalnya...
Pernyataan "bermusiklah dari hati" sebenarnya mengandung pengertian totalitas dalam bermusik yakni ungkapan jiwa yg tertuang dalam nada, sementara yg berbasis teori cenderung mengumpulkan banyak teori untuk memanipulasi nada..:). Btw kalau saya sendiri sih: baik yg bermusik dari hati atau dari kelompok teoritis, asal enak didengar, sesuai dengan selera saya, ya itulah yg saya dengar, atau saya mainkan.
Catatan-catatan saya tentang scales pada dasarnya untuk melengkapi dasar-dasar teori tentang musik saja. Bagi saya sendiri scales ibarat alat untuk menghasilkan musik.
Baik dari hati atau teori sendiri, kecerdasan otak kita berperan besar untuk menerima atau menghasilkan musik.

1 comment: