Friday, January 10, 2014

Alternate Guitar Tunings - DADGAD

DADGAD Tuning? apalagi nich? hehe...
DADGAD tunings pada prinsipnya ya gitar 6 senar distem dengan tunings D(no: 6, turun 1 nada penuh dari tuning standar), A(no: 5), D(no: 4), G(no: 3), A(no: 2, turun 1 nada penuh dari tuning standar), D(no: 1, turun 1 nada penuh dari tuning standar). Jika digenjreng langsung (senar terbuka) akan menghasilkan akor Dsus4 (D Suspended fourth).

Banyak dipakai pada lagu-lagu tradisional Celtic, lagu-lagu  Rock, Metal dan beberapa genre lain sebagai alternatif selain menggunakan tuning standar(EADGBE). Contoh lagu yang menggunakan tuning ini Kashmir(Led Zeppelin).
Berikut satu video saya di youtube sebagai contoh DADGAD tuning:
 

Lagu pendek saya ini berjudul: Return To The Jungle.. :), birama 4/4, temponya sekitar 66 bpm, ada not-not natural harmonik juga, sebenarnya saya main langsung saja, gak pakai persiapan metronome dan segala macam, jadi kalau misalnya temponya gak pas, dipasin lagi sendiri. Silahkan diulik, didownload untuk belajar boleh juga. Kalau tuningnya berubah, segala macam chords/akor yang kita pelajari dengan standar tuning berubah juga, harus belajar dari awal kembali, hehehe...

No comments:

Post a Comment