Tuesday, October 21, 2008

Efek Gitar saya rusak, dimana saya harus memperbaikinya?

Beberapa waktu yang lalu muncul pertanyaan dari seorang teman lewat sms, tentang efek gitarnya yang rusak. Dia berada di Jambi waktu itu, dan bertanya apakah saya tahu tempat perbaikan efek gitar disana, saya jawab, saya kurang tahu karena memang saya tidak hapal tempat-tempat perbaikan efek gitar di seluaruh Indonesia, he he he....
Saya tidak akan membahas secara detil teknis, tentang rusaknya sebuah efek gitar. Yang jelas, efek gitar terdiri dari rangkaian-rangkaian elektronik dengan komponen-komponen tertentu untuk memanipulasi suara, saya sendiri pernah punya rangkaian elektronik efek gitar, tapi tidak pernah saya buat, he he he.
Kalo kita bicara sebuah alat elektronik seperti efek gitar, kalo rusak tentu saja bisa diperbaiki bila ditemukan komponen sejenis dengan kemampuan yang sama.
Dari nalar seperti itu, saya menjawab pertanyaan teman saya di Jambi agar membawa efek gitarnya ke servis elektronik saja, sepanjang bisa ditemukan komponen sejenis dan bisa dihubungkan dengan baik, tentu saja efeknya bisa jalan lagi. Karena yang susah kadang malah mendapatkan komponen yang sejenis dan bisa disambung lagi, kalo masalah sumber daya manusia Indonesia, saya kira banyak yang bisa memperbaiki efek gitar, tinggal ketemu orangnya atau tidak itu saja.

2 comments:

  1. bang tw dak tempat servis gitar di jambi dan finishes gitar di jambi

    ReplyDelete
  2. untuk servis efek gitar tidak harus berada di kota anda. coba cari servis efek yang mempunyai kredibilitas kerja yang bagus, walau di luar kota, efek bisa dikirim via titipan kilat. kemudian uang jasa nya bisa ditransfer ke tukang servis nya sebelum hasil servisan dikirim balik ke pemiliknya.

    ReplyDelete