Monday, November 10, 2008

Cara membaca tablature / tabs dan beberapa istilah teknis tablature gitar

Kita sampai pembahasan bagian "mengerikan" dalam teknik gitar yaitu tentang tab atau istilah formalnya adalah tablature. Tablature sebenarnya tidak melulu pada gitar saja, tapi bisa juga dipakai untuk alat musik lainnya seperti bass, banjo, mandolin, drum dst. Disini saya akan membatasi pada tablature gitar saja, dengan penjelasan yang mudah dimengerti(semoga... he he he). Mungkin dengan sekali penjelasan saya, anda akan langsung paham, tetapi prakteknya sangat rumit dan kompleks.... he he he. Mulai dari pengertian tablature dulu, kemudian baru menginjak istilah teknis tablature yang kompleks.
Definisi tablature: enam garis yang menggambarkan guitar fingerboard, garis teratas menunjukkan senar yang bernada paling tinggi (high E / E tinggi / senar no 1 -- standard tuning).

Gambar tab 1
Gambar tab 1 menunjukkan:
  • senar no 5(A-standard tuning) fret 3
  • senar no1 dan no2 fret 15, dimainkan bersamaan
  • chord E mayor pada gitar
Istilah teknis gitar yang dideskripsikan pada tablature
Sebenarnya lebih mudah pake video, tapi saya ga punya kamera yang cukup representatif untuk menerangkan istilah-istilah ini, dan agak susah menerangkan dalam bahasa Indonesia(bukan karena terlalu lama tinggal di negara sono, tapi nilai rapotku jelek kyknya.... he he he ), kalo ada yang kurang jelas, boleh ditanyakan lagi.
  1. hammer on : petik not awal(pertama) / not lebih rendah dengan cara picking(memetik dengan pick) lalu bunyikan not lebih tinggi dengan jari lain dengan tanpa picking lagi
  2. pull off : tempatkan jari bersamaan pada not-not yang akan dibunyikan. Petik not awal, tarik jari pertama anda(yang memetik not awal) untuk membunyikan not berikutnya
  3. slide : petik not awal, geser jari pada not berikutnya (lebih rendah atau tinggi). Ada dua slide disini, pertama: tanpa memetik not berikutnya (sekali petik 2 not), kedua: dengan memetik not berikutnya (dua petik, 2 not)
  4. pick slide : bunyikan not dengan memakai sisi pick, sehingga muncul suara gerit/seret(scratch)
  5. tapping : dengan ujung jari telunjuk atau tengah ketuklah not yang ingin dibunyikan pada fretboard
  6. trill : selang-seling dengan cepat antara not awal dan kedua memakai hammer on dan pull off
  7. bend : tekan kuat jari kiri pada fretboard kemudian naikkan jari anda hingga nada yang dihasilkan menjadi naik
  8. bend and release : petik, bending hingga nadanya naik 1/2 atau 1, kemudian balik lagi ke nada awalnya
  9. pre bend : bending dulu hingga nadanya naik 1/2 atau 1, baru dipetik
  10. pre bend and release : bending dulu hingga nadanya naik 1/2 atau 1, petik, bending lagi hingga bunyinya balik ke not awal
  11. unison bend : bending dua buah not bersamaan
  12. vibrato : efek getar, dengan bending, getarkan senar dengan bending naik turun secara cepat, bisa dengan tangan kiri atau memakai tremolo/whammy bar
  13. wide atau exaggerated vibrato : bending naik turun lebih kuat lagi dari vibrato biasa
  14. natural harmonic : bunyikan not dengan menyentil(menyentuh ringan) dengan jari kiri hingga berbunyi seperti lonceng "ting"
  15. artificial harmonic : bunyikan not dengan seperti biasa, cuman pada picking tangan kanan iringi dengan sisi jempol, atau pucuk jari telunjuk, dengan volume atau tingkat efek distorsi tinggi akan menghasilkan bunyi decit harmonic
  16. tremolo bar : memakai tremolo/whammy bar, turunkan not pada tablature sejauh yang ditunjukkan, lalu balikkan lagi ke not awalnya
  17. palm muting : diamkan not yang bersuara dengan telapak tangan kanan(bagi left handed guitarist)/kiri(bagi right handed guitarist)
  18. muffled strings : letakkan jari dengan tanpa menekan terlalu kuat pada fretboard sehingga menghasilkan sound percussive
  19. ada beberapa istilah lain seperti rhythm slashes dst, tak terangkan sambil jalan

20 comments:

  1. Siippppp..........
    KompLit dah ma istiLah2 nya
    bikin artikel ni mas...tentang cara pake software yg bhubungan ma musik........ato pa gitu.....

    hehehe
    ...keep Posting deh

    ReplyDelete
  2. Ok Rik, makasih komen-nya, tentang artikel software musik segera menyusul, sekarang masih berkutat pada teknik2 gitar dulu, sehingga akan lebih mudah kalo nanti menulis tablature dengan guitar pro, misalnya...

    ReplyDelete
  3. hehehe....... tanpa video kayaknya susah bgt dipahami dech..???

    ReplyDelete
  4. top... Klo musisi yang paling mudah utk dplajari lck gitarnya buat pemula tuch siapa?

    ReplyDelete
  5. mas aq masih agk bingung..?
    aq kn masih mempelajari tab. avanged yg dear god.
    nah di situ ad istilah: /19, (19), (9)/.
    itu maksudny gimana??
    makasih

    ReplyDelete
  6. /19 --> dari fret 18 slide ke fret 19, tipis aja, sehingga not fret 18 tidak begitu terdengar
    (19) --> thrill ke fret 19
    9/ --> slide dari fret 9

    ReplyDelete
  7. thanx bos gw jd lebih ngerti mslh tabs

    ReplyDelete
  8. Bos tolong kasih tau tentang simbol2 yang digunakan di tab angka, kalau yang diatas kan pakai not balok. . Trims

    ReplyDelete
  9. Thanks friend. .

    ReplyDelete
  10. duh duh duh artikelnya sih bagus, sayang aku masih sulit praktikkinnya mass (maklum baru kemarin sore belajar gitar hehehe ^_^ ) , apa bisa saya download contoh tab yang udah ada titik2 tangannya gitu ( kayak kita belajar gita misal kunci A ada gambar tangan yang untuk mencet nya)biar lebih mudah metiknya (tentunya dengan lagu + cors gitarnya ) bisa kan buatnya mas??

    ReplyDelete
  11. thanks ya........
    ini sangat berguna dalam permainan gitar saya

    ReplyDelete
  12. makasih bngt admin.. simple tapi lengkap... i like this..
    tapi tab buat bass ada gx? tlong dech criin..
    Thx...

    ReplyDelete
  13. siiippp dah ....

    lw bs ad video na maas biar bs d prakterkin ...

    wkwkwkw.....

    ReplyDelete
  14. Terimakasih banyak sudah sharing :)

    ReplyDelete
  15. JASA INSTRUMENTALIA SOLO GITAR PROFESIONAL BERPENGALAMAN
    Menerima panggilan permainan Solo Gitar pop untuk :
    -Event
    -Party
    -Wedding
    -Reguler

    Menyediakan Duet Gitar Dengan : Biola,Flute & Clarinet

    Menerima Aransemen Solo Gitar

    Siap Melayani Privat/Less Gitar untuk anak-anak hingga dewasa,Guru siap datang kerumah Sejabodetabek.
    Kunjungi: http://erikchairianda.blogspot.com/
    Hub. Chairianda di 0815-925-2005 / 0812-1306-8168
    BBM 5240B441

    ReplyDelete