Wednesday, November 19, 2008

Pertanyaan dan jawaban (yang nanya lewat hp)

Karena banyaknya pertanyaan ke hp saya, saya rasa perlu untuk membuat kolom khusus yang hanya berisi pertanyaan dan jawaban saja, supaya berguna bagi kita semua, bukan hanya untuk yang bertanya ke hp saya saja. Tanya (T), Jawaban Saya (J). Mungkin ga semua pertanyaan bisa dijawab disini, karena kemampuan saya juga terbatas, bila ada pertanyaan baru(lewat hp) akan langsung saya jawab juga disini sekalian sebagai proses update atas pertanyaan dan jawaban disini.

1. 0219667xxxx
T: mas lagunya iron maiden yang "fear of the dark" d melody solonya ada hambatan, saya dah bisa jalurnya tp skillnya cepat bgt, ada saran ga mas biar tambah mudah. Makasih
J: pake metronome, pelan dulu, setelah benar hingga ga ada not yang terlewat baru dinaikkan temponya.

2. 0219667xxxx
T: mas budi gimana ya caranya picking di not yang rendah tp suaranya bisa tinggi/ngecring, tangan kiri bending, cara tangan kanan ngepickingnya gimana ya. Makasih
J: tangan kanan pake picking untuk artificial harmonic untuk menghasilkan suara yang berdecit dengan oktaf yang lebih tinggi, baca artikel saya di http://budisapt.blogspot.com/2008/11/cara-membaca-tablature-dan-beberapa.html

3. 0219667xxxx
T: ........ada yang mau ditanya lagi nih mas. Legato itu apa sih dan gimana cara mainnya. Makasih
J: Legato adalah not bersambung (ditulis dengan slur di partitur musik/tablature) cara memainkannya dengan hammmer on dan pull off dengan minimal picking(hanya memakai sedikit picking untuk menghasilkan banyak nada)

4. 0213379xxxx
T: gw bk web punya lo ok bngt. dst lo nampilin tab lagu mr. big. gw pngn bngt bs bc tab lo bisa ajarin ga. thanks by xxxx...
J: terima kasih, semoga blog saya bisa berguna :), baca di artikel saya di http://budisapt.blogspot.com/2008/11/cara-membaca-tablature-dan-beberapa.html

5. 085692278xxxx
T: (inti pertanyaannya) ...gw mo beli gitar kopong (akustik) untuk dipake maen melody, ada saran ga?
J: bisa dibaca di artikel saya di http://budisapt.blogspot.com/2007/11/tips-memilih-atau-membeli-gitar.html tambahan lagi: satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah daya akustik sebuah gitar biasanya lebih baik kalo bodynya lebih lebar, terus diperhatikan juga masalah kepentingan untuk memainkan lagu apa, misalnya kalo untuk memainkan lagu-lagu latin atau klasik bisa memakai senar nylon, daripada yang round wounded

6. 0219667xxxx
T: Mas bedanya scale dengan arpeggio apa ya?
J: Keduanya merupakan hal yang sangat berlainan, scale(tangga nada) adalah deretan nada yang teratur menurut interval tertentu sementara arpeggio adalah not-not menaik/turun yang dimainkan berurutan, tidak dimainkan bersamaan

7. 08572326xxxx
T: (intinya) mas, gimana cara memainkan whammy bar?
J: Soal whammy bar akan saya terangkan lebih detil lagi pada tulisan khusus tentang whammy bar. Tapi secara singkat, whammy bar dipakai untuk menghasilkan suara-suara artificial harmonic dan variasi sound yang lebih banyak lagi, cara memainkan whammy bar ada berbagai macam teknik yang biasa dipakai seperti pinch harmonic, dive bomb, purring cat, satch scream dst, tinggal suara yang diinginkan seperti apa, seperti untuk menghasilkan suara melengking dapat dipakai teknik pinch harmonic, tekan whammy, lalu angkat naik dikit.

8. Dan banyak pertanyaan lainnya yang belum saya tulis disini, terima kasih atas respon teman-teman semua

No comments:

Post a Comment