Monday, November 24, 2008

Tips mencari dan memilih vokalis(vocalist) yang sesuai bagi band anda

Kali ini kita ngobrolin sedikit agak beda dari tema gitar, tapi masih musik juga :), dilatar belakangi pertanyaan: kenapa sih nyari vokalis kok susah?, hal ini juga pernah saya alami sendiri. Saya disini hanya menambah tips saja, saya juga ga begitu banyak menguasai tentang teori-teori vokal, tapi setidaknya saya bisa berkontribusi.
Ingat kembali masalah teori vokal (dooohhhhh....... teori lagi), he he he. Ada berbagai macam kategori vokal untuk pria dan wanita. Untuk wanita ada: sopran(tinggi), messo sopran(sedang) dan alto(rendah), sementara untuk pria ada: tenor(tinggi), bariton(sedang) dan bass(rendah). Sebenarnya, darimana penggolongan itu berasal?, penggolongan itu dikategorikan pada daerah-daerah suara yang bisa dijangkau oleh suara manusia berdasarkan pada frekuensi bunyi, yang selanjutnya disebut vocal range. Dari pengalaman dan pengamatan saya sebagai seorang awam(anda ga setuju boleh saja :) ), para vokalis yang mendunia mempunyai daerah vokal(vocal range) yang lebar. Untuk wanita misalnya: Mariah Carey memiliki jangkauan vokal sampai 5 oktaf, kalau diukur dengan vocal range terletak antara sopran dan messo sopran, atau kalau pria Freddie Mercury yang memiliki jangkauan vokal sampai 4 oktaf. Nah, dari penjelasan singkat diatas, yang paling mendasar dari seorang vokalis adalah vocal range-nya. Tapi ada hal-hal lain juga, seperti yang sudah saya simpulkan seperti dibawah ini(ini lebih ke musik rock dan turunannya, jenis musik lain bisa beda tapi secara umum hampir sama):
  1. Vocal range: carilah vokalis yang mempunyai vocal range yang lebar, semakin banyak oktaf yang bisa dijangkau semakin baik. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan band anda, untuk rock(hard rock, heavy metal, dst) misalnya carilah vokalis yang mempunyai suara tinggi dan vokal range yang lebar, saya pribadi suka tipe-tipe suara seperti Freddie Mercury(Queen), Sebastian Bach(Skid Row), Andi Deris(Helloween), Michael Matijevic(Steelheart), dan Bruce Dickinson(Iron Maiden)
  2. Ciri khas / karakter suara: selain mempunyai vocal range yang lebar, ada beberapa vokalis yang memang mempunyai karakter suara yang unik, seperti misalnya Steven Tyler(Aerosmith), Klaus Meine(Scorpion), karakter suara ini susah dicari
  3. Kepekaan terhadap nada, kebanyakan jika seseorang menyanyi fals karena tidak sesuai dengan nada dasarnya, dan ada yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan musik pengiringnya sehingga tetap fals sampai akhir lagu, bisa terlalu rendah/terlalu tinggi, ga enak didengar.
  4. Bisa membaca dan menyanyikan not dengan baik, ini memang agak susah, kebanyakan asal bisa nyanyi aja
  5. Kemampuan memainkan alat musik, ini sangat berhubungan dengan syarat no 3. Kebanyakan, kalau bisa memainkan alat musik, biasanya peka terhadap nada. Akan lebih baik jika vokalis band anda bisa memainkan alat musik, karena beberapa band terkenal juga mempunyai vokalis yang juga merangkap jadi player juga, seperti Freddie Mercury(Queen), Jon Bon Jovi(Bon Jovi) dan James Hetfield(Metallica), bukan perkara mudah bernyanyi sambil memainkan gitar dengan baik seperti James Hetfield apalagi kadang ada beberapa solo gitar Metallica juga diisi olehnya.
  6. Pengetahuan musik yang cukup
  7. Sanggup bertahan lama menyanyi, karena butuh stamina yang terjaga dan olah nafas yang panjang
  8. Ada power juga pada saat menyanyi, penyanyi yang baik, bila menyanyi dengan mike, suaranya terdengar jernih dan bergaung, sehingga enak didengar
  9. Kalau kedelapan syarat diatas terpenuhi, soal tampang ga terlalu jadi masalah, yang penting bisa berkomunikasi baik dan menarik.
Memang agak susah untuk memenuhi semua syarat diatas, tapi sekali lagi, masalah vocal range adalah hal paling utama bagi anda untuk memilih vokalis yang baik, memang ada kecenderungan saat ini soal suara ga terlalu diutamakan, yang penting penampilan cantik/ganteng dah bisa menang festival/audisi atau bahkan rekaman, tapi saya katakan suara yang bagus adalah pemberian Tuhan, teknologi gak akan bisa mengelabui itu, saya ambil kasus misalnya: rapper vanilla ice yang mengandalkan teknologi untuk mengelabui, akhirnya juga ga bagus.
Untuk jenis musik lain memang disesuaikan juga, misalnya untuk koor, terdiri dari berbagai suara dengan vocal range yang beda, semuanya tergantung dari kepentingannya juga.

6 comments:

  1. wah makasih bos... bagus banget nih info sharingnya

    ReplyDelete
  2. misi..
    q pengen bgt bisa jd vokalis band,tp,suara pas2an,cadel pula,huhu..
    gimana y caranya agar suara kita bisa bagus,panjang,tinggi,dan jernig seperti hayley williams atau kelly clarkson? sekarang sih,saya sudah sering belajar nyanyi sendiri dikaar,and udah hampir g pernag makan goren2ang n sambal lagi. bantuin saya donk..cz saya pengen bgt nih,

    ReplyDelete
  3. oiy,ada yang ketinggalan,
    makasih y..

    ReplyDelete
  4. wah mantab jg ni,gue ad vokalis tp suaranya agk bsar dan kmi mmbwakan lgu2 green day,jd krg pas dgn suara vokal kami,tips ini akn sya coba nantinya..

    salam kenal y sob,kpn2 jgn lupa brkunjung k blog saya y sob n tinggalkan jga komentar kmu sob..

    skali lg mksh tipsnya

    ReplyDelete