Wednesday, December 24, 2008

Scale(Tangga nada) apa yang harus dihapal? sebuah jawaban pertanyaan

Ada pertanyaan dari seorang teman di 021966xxxxx ke saya : "Scale apa y mas yg wajib dihapal?Thx.
Ini menarik, karena mengandung rasa ingin tahu yang besar dan menginginkan cara mudah untuk mempelajari tangga nada dengan cara menghapal. Karena bertanya lewat hp akhirnya saya kasih jawaban singkat: diatonis, pentatonis dan blues, padahal penjabaran dari tiga tangga nada itu luas sekali dan sebenarnya ada jawaban lebih panjang dibalik ini..
Bila kita urai lebih jauh lagi apakah tangga nada harus dihapal? jawaban saya lebih jauh lagi... yaitu tangga nada harus dimengerti... mengerti tidak mesti harus hapal, karena tangga nada dibangun atas rumusan jarak nada tertentu, kita hanya perlu sedikit menghapal rumusan itu dan hapal pun tidak menjamin nanti terus bisa berimprovisasi dengan itu, karena musik sebenarnya adalah suatu proses kreatif, tinggal kita mencari proses kreatif itu, dan menghasilkan suatu karya seni musik yang bagus.
Tentang tangga nada sendiri, seorang musisi jazz fusion dan rock progressive yang saya kagumi adalah Allan Holdsworth(dari http://en.wikipedia.org diceritakan kalau Eddie Van Halen juga dipengaruhi olehnya). Allan mempunyai pemahaman yang sangat baik tentang tangga nada. Saya pernah lihat tutorial videonya dan sampai sekarangpun belum sepenuhnya paham apa yang dikatakannya, disitu dibicarakan tentang pembentukan tangga nada turunan dari augmented dan diminished. Tapi yang saya petik dari situ adalah suatu proses kreatif yang luar biasa(kok bisa berpikir sampai kesitu ya??? :) he he he).

1 comment:

  1. Ternyata tak hanya wanita yang ingin dimengerti. Klo gt ADA band hrs bikin lyric lagu baru, "karena tangganada ingin dimengerti..., lewat tutur lembut dan laku agung..."

    ReplyDelete