Sunday, December 7, 2008

Pemain bas saya mengundurkan diri, beri solusi

Seorang teman xxxxx@xxxxx.com menulis di email
T: Pertanyaan
J: Jawaban saya

T
: Salam kenal mas.
Saya mw tanya
saya mempunya band dan saya seorang gitaris....jad kebetulan bulan desember kami main d sebuah acara musik tetapi, bassis kami mengundurkan diri...jadi niat saya kami akan main bertiga yaitu gitaris, drumer n vocali
yang saya mw tanya settingan efeck gitarnya yang pas seperti apa?agar sound gitarnya menutup suara bas?
apa sound bassnya di amplifire di tinggikan....atw bagaimana?
terima kasih sebelumnya...

J: Alo.. salam kenal juga Mas xxxxx
Sesuatu pekerjaan berat memang kalo harus menggantikan peran seorang pemain bass. Apalagi bila waktunya sudah mendesak. Ada beberapa alternatif untuk ini
1. Konsep Lagu:
Bila waktunya masih memungkinkan untuk mengubah aransemen, carilah lagu dengan konsep Gitar, Perkusi(dalam hal ini drum misalnya, atau bisa diganti pake alat perkusi lain), Vokal. Bisa akustik kalo memang perlu, contoh lagunya seperti "To Be With You"-MR. BIG atau "More than words"-Extreme, hal ini memungkinkan untuk mengurangi peran seorang bass player. Maksimalkan di gitar dan vokal(backing vokal jg berperan besar). Juga pada bagian solo gitar dibikin agak ritmik(bermain rythm) kalo perlu, jadi bisa menutup kesenjangan suara disitu.
2. Set up sound
Dengan menambah volume bass pada ampli dan efek gitar, tapi ini kayaknya juga bukan solusi yang baik dalam artian tidak maksimal, bisa saja ditambah, tapi tetap susah, akan kedengaran kosong pada bagian solo gitarnya, untuk menutup itu, anda sebagai gitaris mau tidak mau harus menghilangkan solo gitarnya dengan bermain rythm saja, bisa ditambah dengan sedikit improvisasi melodi. Ada efek untuk nambah suara bass ya, seperti metal zone, tapi ga maksimal juga.
3. Dropped Tuning
Stem gitar-nya lebih rendah dibawah standard tuning dan pada ampli dan efek ditambah bassnya, suara-nya menjadi lebih rendah. Efeknya di vokal akan jadi lebih sulit karena juga harus merendahkan suara(terlalu rendah vokal juga ga bagus-bila suara vokalisnya aslinya ga ngebass-bisa ga kedengaran)

Dari berbagai pendapat saya tadi, kayaknya yang paling bagus adalah solusi no 1, bila waktunya memungkinkan, sayang anda ga menjelaskan ada gitar akustik/engga dan juga waktunya masih ada/engga. Tapi kalo engga memungkinkan, solusi 2 dan 3 bisa menjadi pilihan. Selamat bermain, sukses yach...

No comments:

Post a Comment