Saturday, December 27, 2008

Menstem Gitar dengan cara membandingkan dengan Piano

Seorang teman di Malaysia(ternyata blog ini dibaca sampai ke luar negeri juga :), membuat saya terpikir untuk menterjemahkan blog ini ke dalam bahasa Inggris), menelpon saya dan bertanya dengan logat melayu yang khas, tentang cara menstem gitar. Saya kemudian bertanya yang intinya di sana ada alat yang bisa dipakai perbandingan atau engga, misalnya garpu tala, dst. Bahkan ternyata teman tadi menjawab ada piano disana(saya tidak bertanya lebih jauh, bahwa yang dimaksud piano ini keyboard, organ atau grand accoustic piano dan sejenisnya, karena kebanyakan meski keyboard ya disebut piano, asumsi saya disini adalah piano sesungguhnya).Ini satu hal yang bagus sekali, karena ada alat yang bisa dipakai untuk acuan menstem.
Baik, langsung saja.


Dari gambar terlihat, bahwa senar E tinggi (no 1, high E) pada gitar sama dengan(=) nada E pada piano juga. Kemudian senar B pada gitar = nada B pada piano, senar G pada gitar = nada G pada piano. Senar D pada gitar = nada D pada piano. Senar A pada gitar = nada A pada piano. Senar E rendah(no 6, Low E) pada Gitar = nada E pada piano. Untuk menstem gitar, ya samakan saja nadanya, dengan piano, putar tuner gitar lebih kencang atau kendor sambil dipetik dan didengarkan hingga didapat nada yang sama dengan piano(tentunya ada seorang teman lagi yang membantu menekan tuts piano pada posisi nada seperti pada gambar), memang butuh kepekaan untuk membandingkan bunyi dalam hal ini, akan tetapi dengan sering berlatih, lama-lama juga bisa :).
Kenapa demikian? Karena hampir semua alat musik barat mengikuti standar yang sudah diakui internasional(nada A = 440 Hz, ada sejarahnya akan hal ini, menurut kesepakatan ahli-ahli fisika, tapi kita tidak membicarakan disini, terlalu panjang)
Adapun alat-alat musik etnis misalnya gamelan jawa, semuanya memiliki standar sendiri-sendiri.
Perlu diketahui juga bahwa middle C pada piano = nada C pada gitar(senar A fret 3). Buat teman di Malaysia yang menunggu ulasan saya, semoga ini bisa menjawab pertanyaan anda.

2 comments:

  1. nice info, sambil mau ikut nanya gitar rockwellnya buatan mana yah?

    ReplyDelete