Monday, January 12, 2009

Berapa jam sehari kita bermain gitar?

Beberapa kali saya ditanya, berapa jam sehari saya bermain gitar. Saya bingung menjawabnya :),ya soalnya tergantung banyak hal, kalo pas banyak waktu luang ya bisa 8 jam sehari atau lebih. Ada pertanyaan lain lagi: selama 8 jam itu apa ga bosan? : ) , biasanya kalo pas bosan saya kembalikan lagi ke awal mula tujuan saya bermusik, yaitu having fun :), untuk menghibur diri dengan bermain gitar dan bernyanyi dengan teman-teman, menikmati hidup :). Atau kalo benar-benar bosan ya tinggalkan gitar terus jalankan aktivitas lain :)
Bila kita bicara agak serius lagi…
Selama 8 jam itu sebenarnya bisa kita bagi menjadi beberapa bagian, misalnya, masalah teori teknik bermain 2 jam, terus memainkan lagu 2 jam, bikin musik komposisi sendiri 2 jam, review hasil (dengan mengingat lagi teori dan praktek,atau direkam) 2 jam. Bisa ditambahkan lagi, kadang-kadang/terus, sempatkan bermain bersama band anda(tapi biasanya boros kalo harus menyewa alat di studio : ) ). Genap 8 jam to? :), ini adalah sebuah alternatif pembagian waktu saja, prakteknya terserah aja, mau 8 jam belajar teori mulu jg ga masalah, atau 2 jam rutin per hari juga ga apa-apa.
Bagi yang di sekolah musik ya banyak hal yang dipelajari, sehingga tiap harinya bisa efektif untuk belajar, punya disiplin waktu, gak kayak saya yang otodidak :). Kalau ada yang berminat menjadi profesional di bidang musik ya prakteknya sehari-hari bisa lebih banyak dari 8 jam itu.
Tentang saya sendiri, berhubung profesi saya sekarang bukanlah seorang musisi professional(dengan rasa berat saya mengatakan ini) ya semakin sedikit waktu untuk bermain gitar karena pekerjaan sehari-hari dan kegiatan lain yang cukup menyita banyak waktu.

7 comments:

  1. wawwww... :cihuy:
    Mantap krina…
    blog kamu keren bangettt ni..
    artikel postingnya berbobot bangettt :-bd


    mampir ya..
    http://gitarkeren.blogspot.com

    tukeran link ya..

    ReplyDelete
  2. To:
    Daniel Azhari http://gitarkeren.blogspot.com

    Ok Mas Dani...
    saya dah mampir ke http://gitarkeren.blogspot.com
    nice blog too...

    ReplyDelete
  3. mantab bro.. disiplin waktu guna mengembangkan skill_

    saya baru berkecimpung di dunia blog.. mohon bimbingannya

    mampir ya mas bud..

    ReplyDelete
  4. mas saya uda banyak aranser lagu tp q gag bsa buat not nya??

    ReplyDelete
  5. saya kagum dengan anda,, saya ga nyangka orang yg belajar gitar secara otodidak,, mampu memahami pengetahuan dan teknik bermain gitar sedalam anda,, saya sudah 8 tahun mengenal gitar ,, namun saya kesulitan karna kurangnya fasilitas..
    saya telah blajar berbagai teknik gitar.. mulai dari picking ,skiping,typing,sweeping.. namun saya kurang bisa membuat not2 yg bagus dalam mengisi lead atau feel sbuah lagu,,bisa minta sarannya Mas?? terimakasih sbelumnya

    ReplyDelete