Friday, January 16, 2009

Mengapa suara menjadi fals? Mengapa stem/setelan gitar saya fals?

Ketika kita menstem/tuning suatu alat music gitar misalnya, atau kita bernyanyi, kita sering mengalami suara fals, didengar rasanya tidak pas. Padahal kalo bernyanyi perasaan sudah sungguh-sungguh, tapi kok pendengar/penonton seperti mendengar suara aneh. Pertanyaannya “mengapa suara fals?”. Menurut saya, hal seperti ini terjadi karena kita tidak mengikuti alur not atau range suara yang sama dengan lagu yang diinginkan atau penyanyi yang ditirukan/dinyanyikan lagunya, sehingga terdengar terlalu tinggi, terlalu rendah dan seterusnya. Persoalannya sekarang, bagaimana kita mengatasinya?. Secara teknis, nada sebenarnya adalah sebuah gelombang bunyi teratur(nada: suara teratur, bunyi: suara tidak teratur) yang mempunyai frekuensi tertentu. Jadi misalnya: nada A = 440Hz, dst. Jadi misalnya kita bernyanyi dengan rangkaian not lagunya: 1-2-3-4-5(do-re-mi-fa-sol), bila C=1, maka kita dapatkan C-D-E-F-G, dengan rangkaian frekuensi 261Hz-293Hz-329Hz-349Hz-391Hz , suara kita fals karena kita bergerak di frekuensi yang berbeda, disitu ada yang sumbang 1 not saja misalnya C menjadi C#(277Hz), tambah rendah/tinggi sedikit saja frekuensinya, yang kita dengar adalah nada yang berbeda.
Solusinya kita harus melatih kepekaan kita sehingga kita bisa mengikuti alur nada (baca: frekuensi) itu dengan baik. Hal ini berlaku juga bagi kita kalo kita menstem gitar. Maaf, mungkin bahasan disini agak teknis banget, tapi ya memang itulah adanya.

6 comments:

  1. mas,,pinjem artikelnya yaah..boleh kan?

    ReplyDelete
  2. suara saya ngebas, kata orang fals

    ReplyDelete
  3. mas,q copy ya???buat tugas jew...makasih...

    ReplyDelete
  4. gmn cara byr suara pas????

    ReplyDelete
  5. Mas.pnya cord bass g?aku minta ea..cz q cma bsa cord bass gitar dasar,jadi pengen ngembangin.kirim d email q adja ea..mubarok.imam@gmail.com

    ReplyDelete
  6. tetep gak ngerti...bisa gak nentuin E tanpa garputala??

    ReplyDelete