Monday, December 29, 2008

Arpeggio dengan teknik sweep picking

Arpeggio sebenarnya adalah rangkaian not(ada yang menyebut sebuah chord) yang dimainkan secara berurutan. Untuk memainkan arpeggio pada gitar tidak dengan cara digenjreng(strum) tetapi dengan cara picking(bisa pake pick atau petik) urut. Salah satu alat(tools) yang bisa kita pakai adalah sweep picking. Berikut satu contoh pattern untuk melatih jari kita memainkan sweep picking.

Pada fret ke-7 bunyikan dengan pola picking down-down-down-down lalu pindahkan jari satu persatu kemudian bunyikan dengan pola picking up-up-up-up. Jadi tidak sekali menempatkan jari kiri lalu digenjreng, akan tetapi jari telunjuk kiri - pick kanan – jari tengah kiri – pick kanan – jari manis kiri – pick kanan – jari kelingking kiri – pick kanan. Setelah itu pindah fret ke fret 9 misalnya, lakukan pola yang sama, juga tidak harus pada senar 2-3-4-5 seperti contoh, dalam hal ini saya pakai contoh senar 2-3-4-5 karena sekalian bisa berlatih menghasilkan suara jernih, karena ada resiko senar 1 dan 6 disitu yang harus diperhatikan. Pada dasarnya kita bisa berlatih di semua fret.Latih pelan dulu, lalu semakin meningkat cepat. Akan dihasilkan suara yang mengalir(fluid) dari gitar anda :), keren bo… he he he.
Kalau dikupas lebih jauh, teknik memainkan arpeggio gitar ada berbagai macam, misalnya one string arpeggio, two strings arpeggio dst. tapi belum kita bicarakan saat ini
Semoga ini juga bisa sekalian menjawab pertanyaan pertama dari seorang teman di Lampung, mas Awan namanya, yang bertanya tentang cara melancarkan sweep picking dan two hand tapping.

10 comments:

  1. kasi informasi arpeggio dari awal sampe akhir & taw ga lagu alex kabasser "slababaska" butuh chord/tab gitarnya nehhh... tq

    ReplyDelete
  2. trima kasih ya mas atas saran......
    teknik bergitar nya......

    saya mmng dari dulu mencari teknik seperti ini....

    by

    yudivengeance@rocketmail.com << add mas ya

    saya tunggu

    ReplyDelete
  3. mas...saya mau nanya kalau mainin sweep picking t ..make alternate picking downstroke ato disapu kebawah/atas semua ...maksihh sebelmnya mas

    ReplyDelete
  4. Beda mz teguh kalu alternanate picking itu pake picking up/down .
    Nah kalau sweep picking ini sama dengan economy picking ,,yang di mana pergerakan pick mengkuiti perpindahan senar ,misal kalau pindah senar ke bawah ,berarti pick nya juga harus kebawah ,bgitupun sebalik nya untuk perpindahan senar ke atas.


    Maz budi ini aku gan murid mu d facebook ..
    hehe .. ..

    ReplyDelete
  5. Beda mz teguh ,,kalu alternative picking itt pke gerakan pick up/down ,tapi kalu untuk sweep picking sama dengan economy picking ,yang di mn prgerakan pick nya mengikuti perpindahan per string nya ,misal pindah ke string bawah maka pergerakan pick nya juga harus ke bawah ,bgitupun sebalik nya untuk perpindahan ke atas.


    mz budi ini aku gan murid mu di facebook ..
    hehe ..

    ReplyDelete
  6. trima kasih mas.. sngat mmbantu :)

    ReplyDelete
  7. saat synyster gates perform Solo Afterlife, apa itu juga termasuk sweep picking mas..?

    ReplyDelete
  8. saat synyster gates juga memakai teknik sweep pick pada melodi Afterlife dan M.I.A mas..??

    ReplyDelete