Saturday, December 27, 2008

Gitar dan Piano – sebuah perbandingan klasik

Lebih lanjut lagi bicara tentang gitar dan piano. Beberapa Gitaris seperti Eddie Van Halen, Paul Gilbert, Joe Satriani dst. Adalah pemain piano dan keyboard juga. Saya sendiri bukanlah seorang pemain piano atau keyboarder yang baik, hanya tau sedikit-sedikit saja, jangan dibandingkan dengan Derek Sherenian, Maxim, atau bahkan Richard Clayderman, jjjjjaaaaaauuuuhhhhhhhhhhhh baaaaaaannnngggggggeeeettt…sobat he he he.
Paul Gilbert(hello Paul, I’m your fans :) ) mengatakan dalam video tutorialnya yang berjudul Terryfying Guitar Trips bahwa lagu “Nothing But Love” diciptakan dengan piano, tapi diakhiri dengan gitar. Disitu dikatakan juga kalau salah satu kelebihan piano adalah: piano bisa dipakai untuk membentuk banyak chord yang bagus dan gitar dipilih Paul karena suaranya.
Bila kita urai lebih jauh perkataan Paul tadi memang benar karena untuk membentuk sebuah chord, Piano jelas lebih variatif karena dengan 10 jari bisa menghasilkan nada semua, sementara gitar hanya dengan 5 jari(sebagai catatan tambahan perlu diketahui juga bahwa teknik tapping gitar tercipta untuk mengatasi kesenjangan ini, maaf saya tidak menyertakan sumbernya karena sudah lupa darimana saya dapat ini). Akan tetapi, kelebihan gitar yang saya rasakan sampai sekarang adalah gitar bisa melatih kita untuk lebih peka terhadap nada, kalo kita bisa menstem gitar dengan baik, kita sudah berada pada wilayah peka nada.Kebanyakan piano harus distem oleh seorang tukang stem piano(catatan: tukang stem piano adalah suatu profesi yang langka), artinya, kita hanya terima jadi saja. Contoh lain bila kita membeli sebuah keyboard misalnya, nada itu sudah tercipta secara elektronis dari pabriknya, tinggal kita bunyikan saja. Mungkin ini yang membuat seorang pemain gitar lebih peka, karena biasa menstem gitarnya sendiri, lebih lanjut lagi. Bila belajar piano, sepertinya seorang pemain gitar akan lebih mudah menyesuaikan diri, daripada seorang pemain piano yang belajar gitar(karena harus belajar menyetem, menekan senar, memetik dst). Hal lain adalah masalah harga, gitar lebih murah daripada piano, ini mungkin yang membuat gitar lebih populer di masyarakat.
Sebagai penutup, saya tidak akan membahas ini lebih lanjut lagi karena bisa memancing perang dunia he he he. Setiap kita bebas menentukan instrument kita masing-masing mau Piano, Gitar, Drum atau lainnya, bebas… semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, justru dengan kolaborasi itulah masing-masing bisa saling mengisi, sebagaimana kehidupan manusia yang penuh kedamaian dan harmoni dengan kerjasama.

4 comments:

  1. Berarti kalo qta pke gitar dengan 10 jari, bisa nyaingin nada piano yah...

    "tukang stem piano adalah suatu profesi yang langka"
    Berarti peluang kerja buat jadi tukang stem piano terbuka lebar donk...

    Hmm...
    Saya pernah maen recorder waktu masih sekolah...
    Tapi gak mau lagi ah...
    Banyak air liurnya...
    Tapi saya juga bebas untuk tidak memilih satu instrument-pun kan...

    ReplyDelete
  2. he he he... bisa aja...
    Berarti kalo qta pke gitar dengan 10 jari, bisa nyaingin nada piano yah... --> ya ga selalu sih, soalnya gitar cuman punya senar 6, ada yang 7 juga ding... ato malah 12... he he he...
    boleh aja kalo pengen jadi tukang stem piano, kan sekalian membuka lapangan kerja baru...
    tidak memilih..??? golput kalee... he he he

    ReplyDelete
  3. , yang penting ada drum, apa gak salah? bukannya kalo drum doank kita gak pernah tahu tinggi rendah kalo aku sih, lebih milih maen gitar, abis dari kelas lima sd mpe sekarang (3 smp) yang kuliat cuman gitar, yah walo cuma bisa standaran ma lagu promisenya simple plan, udah cukup, gak kayak kakakku yang dari awal mpe akhir lagu di bandnya dia, dia cuma tapping en melody aja!
    eh, tahu gak, aku punya saudara dia bilang kalo tanpa gitar band masih bisa jalanlagu itu dinyanyiin, yang megang peranan itukan instrument yang kayak gitar, piano! wong lagu simple plan yang perfect aja, waktu verse walo yang di tonjolin drum tapi denger sekali lai,pasti masih ada kedengeran suara gitarnya, itu berarti pada waktu itu, yang memegang nada dan kunci utama tinggi rendah suara itu ya gitar!!!

    ReplyDelete
  4. Saya main piano sejak kecil, dan sekarang belajar main gitar, lebih gampang main piano sih, nadanya lebih gampang dapet cuma suara gitar itu loh romantis banget, trutama kalau mainin vibranya..

    Untuk lagu yang classic, rumit dan megah, emang bagusan piano, kalau yang sederhana mending pake gitar..

    Makanya lagu2 besar n terkenal kebanyakan dikarang lewat piano, tapi yang populer n simple kebanyakan dari gitar..

    ReplyDelete