Saturday, December 13, 2008

Menggunakan teknologi untuk berkarya

Saya menjadi terinspirasi untuk menulis ini, ketika melihat Steve Vai ditayangkan di http://www.musician.com (note: saya lihatnya sudah lama dan saat ini sepertinya sudah ga ada videonya disitu) menggunakan teknologi komputer untuk mengaransir bahkan merekam konsep-konsep lagunya. Seorang musisi terbaik di duniapun juga menggunakan IT untuk mendukungnya dalam berkarya.
Saat ini, teknologi memungkinkan anda seorang diri untuk bisa mengarang lagu, menjadi arranger, produser, bahkan memasarkan hasil karya anda. Adapun kalau ingin disebarkan dan diproduksi secara massal, sebenarnya hal itu termasuk pilihan saja, mau berkarir di bidang musik atau tidak. Saat ini anda ditolak produserpun masih banyak jalan untuk bisa memulai lagi.
Saya contohkan misalnya anda punya ide lagu, wujudkan dengan gitar, masuk ke efek, masuk ke ampli dan computer, rekam konsep lagu anda, tambahkan instrument lainnya, mixing sendiri di komputer, edit secukupnya, setelah jadi lagu, pasarkan di internet.
Ini adalah hal yang luar biasa bila dilihat perkembangan internet seperti sekarang ini. Internet adalah pasar yang sangat luas, bahkan kita sendiripun kadang harus membatasi diri karena banyak kekurangan.
Dan bila dilihat perkembangannya, sekarang dunia mulai bergeser dari pola rekam analog recording(pita master), menjadi pola rekam digital recording, dengan berbagai alasan.
Anda mempunyai karya lagu bagus, masukkan di computer, bisa direkam, diedit, diputar lagi, tuliskan not hasil karya anda di software, setelah itu pasarkan di internet. Bukankah ini menjadi sesuatu yang luar biasa? Permasalahan akhirnya malah berkutat di teknologi, kadang kita juga kurang menguasai IT, tapi setidaknya dengan komputer mulai diajarkan di SD/SMP, kita optimis hal itu lambat laun kedepan akan teratasi. Dan banyak musisi Indonesia akan semakin maju dengan menguasai teknologi.
Ini hanyalah ungkapan saja sebagai rakyat Indonesia, berharap ke depan akan karya yang semakin baik dengan teknologi

1 comment: