Wednesday, December 31, 2008

Teknik Tapping Arpeggio (teknik tapping untuk memainkan arpeggio)

Tulisan ini sebagai jawaban pertanyaan kedua dari mas Awan di Lampung yang bertanya tentang jalur not di teknik two handed tapping. Sebelumnya, kita bahas dulu sedikit tentang tapping(bagi yang baru mengenal). Teknik tapping, dari istilah-nya diambil dari kata tap(bahasa Inggris) yang berarti mengetuk. Tapping dipopulerkan oleh gitaris Eddie Van Halen(bahkan ada yang mengatakan Eddie Van Halen sebagai penemu teknik ini—ada silang pendapat tentang hal ini). Two handed tapping adalah tapping dengan dua tangan, kiri dan kanan. Jari tangan kiri memainkan hammer-on atau pull off, sementara jari tangan kanan mengetuk(to tap) not lainnya. Tapping arpeggio (Arpeggios Tapping) adalah teknik tapping untuk memainkan not urut(arpeggio).
Balik ke pertanyaan mas Awan di Lampung: “…. satu lagi teknik two hand tapping q msh bingung rute notnya…dst.”.
Baik, sebagai contoh saya ambilkan 3 not yang berulang, potongan dari lagu “Eruption”-nya Van Halen yang melegenda(hello Eddie I’m your Fans :), thx for great lick for us to sing).
Pada potongan lick itu yang terjadi adalah sebuah arpeggio minor scale dengan not 1(root) yang ditempati oleh nada C#(senar 2 fret 2), not b3(flat third) yang ditempati oleh nada E(senar 2 fret 5) dan not 5(fifth-ingat kembali konsep triad) yang ditempati oleh nada G#(senar 2 fret 9), bentukan(progression) untuk sebuah akkord C#m (Eddie Van Halen memang jenius bgt lah!! cool man). Adapun untuk memainkannya, hammer on pada not C#(jari telunjuk kiri) dan E(jari kelingking kiri), tap(ketuk) pada G#. Untuk nge-tap bisa pake telunjuk kanan atau jari tengah kanan (terserah aja yang enak mana). Caranya ngetes supaya terdengar fals atau engga, ya picking aja, bandingkan nada G# pake tap dengan nada G# pake pick.
Buat mas Awan di Lampung, semoga ini bisa menjawab pertanyaannya … :), sekaligus sebagai catatan saya untuk menutup tahun 2008 dengan belajar lick dahsyat dari seorang guitar virtuoso Eddie Van Halen.

12 comments:

  1. Thanks ni Om Budy for Learningnya >>>>
    Cma cara biar lebih lancar lagi di teknik2 gitar gimana caranya????
    Ex : Sweep,taping naik turun???

    ReplyDelete
  2. Untuk lebih cepat lancar teknik-teknik, ya latihan kontinyu praktek sebanyak-banyaknya, terus menerapkan pada band, bikin komposisi sendiri, menulis lagu dst.

    ReplyDelete
  3. mas tolong tabnya diper banyak yaaa

    ReplyDelete
  4. Waduh, q kok jadi bungung ya om baca artikel tappingnya. . .
    Kalo tapping 2 jari tug gimana om budi?

    ReplyDelete
  5. Budi Malmsteen nehh...!??????!!!! KEREN CUY..

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. om ajaren dng gmn cara picing yang benar dan pemakain pick dengan baeg??
    tanks

    ReplyDelete
  8. mas.... kalo.. tapping di terapkan di guitar bass.. jarinya sakit nga'...?

    ReplyDelete
  9. mas... kalo.. tapping di terapkan di guitar bass.. apa nga' sakit jarinya.... hehehehehehe

    ReplyDelete
  10. Van Hallen bukan yang menemukan teknik ini silahkan lihat di you tube http://www.youtube.com/watch?v=u7M8L1rAUsI, ternyata cara memaninkan gitar dengan teknik tapping ini sudah ada sejak tahun 1960 an

    ReplyDelete
  11. ada yanng pernah review tabnya gutrie govan yg judulnya Remember When ?

    Vans

    ReplyDelete